Minggu, 11 September 2016

prospek bisnis cacing tanah merah

Cacing tanah merah bukanlah hal baru di dunia ini, namun manfaat yang terkandung didalamnya belumlah digali lebih dalam lagi sehingga dapat membawa kemaslahatan bagi ummat manusia.
Cacing tanah merah saat ini menjadi salah satu komoditi yang mulai dikembangkan oleh perusahaan maupun perorangan. Salah satu yang paling banyak berkembang pesat adalah ekstrak cacing tanah merah yang dikemas dalam kapsul untuk memudahkan manusia mengkonsumsinya.
Apakah hanya sebatas itu?
Tidak, perkembangan bisnis cacing menjadi sebuah komoditi baru mulai merambah dunia industri. Industri perikanan sudah mulai memanfaatkannya, selain itu olahan cacing tanah merah juga mulai variatif dan berkembang menjadi beberapa produk antara lain kuliner, pupuk organik cair, nutrisi ternak, pelet pakan ternak dan lain sebagainya
Keunggulan cacing tanah merah antara lain :
1. Tidak ada yang terbuang dari ternak cacing bahkan media bekas ternak cacing serta limbah cair dari kandang pun bisa bernilai rupiah sebagai pupuk organik padat dan cair. 
2. Kandungan protein yang tinggi dan seimbang sebagai salah satu sumber protein terbaik di dunia. 
3, Kandungan enzim yang dapat memperbaiki sistem kerja tubuh manusia
4. Masih banyak lagi yang belum digali
Keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh cacing tanah merah ini menginspirasi untuk dijadikan komoditi yang bisa memperbaiki kualitas bahan makanan seperti ayam, bebek, dan berbagai macam ikan yang dibudidayakan. Salah satu yang menjadi target KOPPINDO adalah ayam potong. Konsumsi ayam di Indonesia luar biasa besar sehingga tidak salah kami fokus untuk membuat pabrik pakan ayam potong yang berbahan dasar cacing tanah merah. Target berikutnya adalah sektor perikanan dan pertanian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar